Jumat, 28 Oktober 2011

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Keindahan yang berasal dari kata "indah" memiliki banyak arti seperti elok, cantik, bagus, serasi, dan lain-lain memiliki banyak makna. Dalam kehidupan sehari-hari keindahan bisa direalisasikan sebuah pemandangan yang indah, seseorang yang terlihat indah, atau segala sesuatu yang dapat dilihat dan dirasakan.

Keindahan pada umumnya memiliki cabang-cabang yang sangat banyak dan luas, keindahan yang berhubungan dengan manusia terdiri dari keindahan jiwa dan raga. keindahan seseorang tidak hanya dapat dilihat dari sisi raga (fisik) yang cantik/tampan tapi juga dilihat dari jiwa (rohani/moral) yang baik, maka keindahan dapat dibedakan pada diri seseorang apakah seseorang itu indah hanya pada raganya saja atau juga indah pada jiwanya.

Selain itu, keindahan juga bisa dilihat pada alam semesta yang telah diciptakan oleh ALLAH swt. untuk kita para manusia agar menjaga, melindungi, melestarikan dan merawat semua yang telah diberikan ALLAH swt. bukan sebaliknya. Karena faktanya banyak alam yang terganggu bahkan rusak itu adalah penyebab ulah manusia yang tidak berpikir tentang kebaikan dan rahmat yang didapatkan selama hidupnya, namun dibalik kejamnya ulah manusia yang menyebabkan alam menjadi rusak saat ini mereka pun juga mendapatkan imbalan yang seharusnya bisa menjadi pemikiran panjang jika ingin merusak alam. Contohnya saja banjir yang disebabkan ulah manusia yang senang membuang sampah tidak pada tempatnya yang berujung terjadinya kebanjiran, atau ulah manusia yang senang menebang pohon di area yang padat pepohonan yang kemudian banyaknya hutan dan gunung menjadi gundul yang berkaitan juga pada bencana banjir karena tidak ada lagi pepohonan maka tidak ada pula tempat untuk resapan air disaat musim hujan tiba yang akhirnya terjadi kebanjiran dibanyak daerah di indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar