Minggu, 30 Oktober 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Menurut saya "Penderitaan" dapat didefinisikan seperti keadaan yang menyedihkan atau sesuatu yang bisa membuat perasaan manusia menjadi sedih, baik dalam hal penderitaan batin maupun penderitaan fisik yang membuat setiap orang tidak ingin merasakannya lagi. 

Ada beberapa macam faktor  penderitaan serta sebab dan akibatnya yang dialami oleh manusia yaitu karena Faktor ekonomi, maksudnya adalah dimana seseorang merasa dirinya menderita disaat keadaan keuangan sedang menurun atau bahkan jatuh (bangkrut) yang bisa membuat beberapa orang menjadi putus asa dan mengambil jalan yang tidak seharusnya, seperti memilih pekerjaan yang lebih cepat menghasilkan uang tanpa melihat dari sisi halal atau haram. Atau tidak sedikit juga orang-orang yang berputus asa dan langsung memilih untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Kemudian Faktor Sosial, maksudnya dimana ada seseorang yang perekonomiannya sederhana namun karena bergaul dengan orang-orang yang perekoonomiannya jauh diatasnya maka orang tersebut terbawa untuk menjalani gaya hidup yang mewah tanpa menyadari keadaan perekonomiannya. Atau sebagai contohnya ; bila seseorang ingin menjadi seperti orang lain namun ia tidak bisa mengikutinya mungkin didalam hati orang tersebut ada sedikit rasa iri / cemburu dengan perbedaan sosial yang menyebabkan perbedaan pula dalam hal gaya hidup.

Beberapa jenis penderitaan yang saya ketahui yaitu :
  • Penderitaan akibat melahirkan
  • Penderitaan akibat penyakit
  • Penderitaan akibat kematian
  • Penderitaan akibat usia 
  • Penderitaan akibat perbuatan yang tidak menyenangkan dari orang lain
  • Penderitaan karena mendapat hukuman dari tuhan
  • Penderitaah akibat bencana
  • Penderitaan akibat hal-hal yang tidak menyenangkan
  • Penderitaan akibat tidak mendapatkan yang diinginkan, dll.
 Hampir semua penyebab dari manusia yang merasakan penderitaan adalah karena ulah dirinya sendiri, banyak contoh fakta yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti ; bencana banjir yang terjadi hanya karena jika manusia membuang sampah sembarangan terutama di sungai, jadi jika kita ingin menghindari terjadinya banjir salah satunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya (bukan di sungai). Lalu kebakaran hutan yang disebabkan tingginya suhu udara yang langsung masuk ke bumi, padahal jika lapisan ozon bumi ini tidak menipis maka suhu udara mungkin tidak sepanas itu, dan masih banyak lagi. Jadi kesimpulannya bencana-bencana yang terjadi ini bisa kita renungkan sendiri untuk menjadi bahan pikiran manusia agar tidak hanya menyalahkan suatu pihak atau bahkan menyalahkan tuhannya disaat mendapat bencana yang membuat manusia menderita hingga frustasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar